About Me

Mochamad Fadli Fadillah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Blogroll

Text

RSS

Internet dan Intranet

Internet merupakan hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Internet banyak digunakan oleh manusia dalam berbagai aktivitasnya, seperti mencari informasi, berkomunikasi, hiburan, dll. Internet juga memudahkan manusia untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terbatas oleh tempat dan waktu.

Pengertian Internet dan Intranet
1. Internet
 Internet diciptakan pada tahun 1970-an. Internet adalah singkatan dari Interconnection Network.Internet secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Jaringan komputer yang paling sering ditemukan adlah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal tertentu, seperti kantor, sekolah,perusahaan, warnet, dll.

Penegrtian Internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sementara, pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer besar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringankomputer yang ada di dunia ini.

Internet berasal dari impian Joseph Carl Robnett Licklider (March 11, 1915 – June 26, 1990) seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology. Impiannya itu tentang sebuah Galactic Network di awal tahun 1960-an yang kemudia dapat terwujud setelah bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon.

 


Untuk mendapatkan akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP). Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmision Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) yang didukung media komunikasi, seperti satelit, dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.

2. Intranet
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dsb. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui backbone Internet.

Ada beberapa alasan mengapa suatu organisasi menggunakan Intranet, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Memungkinkan keterpaduan yang mudah antara e-mail internal dan eksternal.
  2. Memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yang mudah, berkemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan, pencarian kembali, mengkomunikasikan, dan mengolah sumber-sumber informasi organisasi.
  3. Memungkinkan kemudahan dalam akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet, khususnya materi yang dipublikasikan pada World Wide Web. 
Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan, di antaranya:
  1. Produktivitas kerja. Adanya Intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasinya yang dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
  2. Pemanfaatan waktu. Melalui Intranet, pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efisiensi waktu. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
  3. Komunikasi. Adanya Intranet dapat memudahkan komunikasi antar bagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
  4. Operasi dan manajemen. Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antarorganisasi.
  5. Kerangka perubahan budaya kerja. Melalui Intranet, pegawai-pegawai organisasi dapat terhubung dan kerjasama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar