About Me

Mochamad Fadli Fadillah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Blogroll

Text

RSS

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol Transmision Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP). Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibagi menjadi empat kelompok, yaitu jaringan komputer lokal, jaringan komputer metropolitan, jaringan komputer skala luas, dan interjaringan. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelompok jaringan tersebut.

1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN)

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampusyang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau oleh LAN kurang lebih 10 km. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstasion dalam kantor, sekolah, atau pabrik-pabrik untuk memakai resource secara bersama (misalnya, printer/scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi transmisi, dan topologinya.


Gambar Jaringan LAN

Adapun keuntungan dari jaringan LAN adalah sebagai berikut:

  • Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
  • Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (printer sharing).
  • File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan yang dapat dibuat berdasarkan sturktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
  • File datayang keluar atau masuk dari dan ke server dapat di kontrol. 
  • Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
  • Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail dan chat.
2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network atau MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 km. MAN dapat mencakup kantor-kantor  perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabeldan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

Keuntungan jaringan MAN adalah:
  • Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
  • Jangkauan lebih luas dari LAN.
  • Lebih irit kabel jaringan, karena tidak terlalu membutuhkan banyak kabel jaringan.
 
Gambar Jaringan MAN

3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network atau WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, mislnya antar pulau, negara, benua, bahkan ke luar angkasa. Contoh WAN yang sangat terkenal adalah Internet. Tetapi, WAN dapat juga menjadi network pribadi. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang memiliki kantor-kantor diberbagai negara dapat memiliki WAN yang menghubungkan kantor-kantor tersebut melalui hubungan telepon, satelit, dan teknologi-teknologi lainnya. Biasanya, WAN terdiri dari banyak LAN yang diinterkoneksikan. 

Keuntungan jaringan WAN adalah sebagai berikut:
  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  • Komunikasi antar kantor dapat menggunakn e-mail dan chat.
  • Dokumen atau file yang biasanya dikirimkan melalui faksimile ataupun paket pos, dapat dikirim melalui e-mail dan trnsfer file dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  • Pooling dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
 
Gambar Jaringan WAN 

4. Interjaringan (Interconnection Network atau Internet )

Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung. Pada umumnya, untuk membangun sebuah jaringan Internet membutuhkan peralatan jaringan, seperti repeater (penguat sinyal), bridge (penghubung antarjaringan), router (pengatur lalu lintas dalam jaringan), dan gateway.

Komputer yang terkoneksi ke Internet merupakan bagian jaringan. Komputer terhubung ke Internet dengan menggunakan modem yang terkoneksi ke sebuah Internet Service Provider (ISP).Kemudian, ISP akan terkoneksi ke dalam sebuah jaringan yang lebih besar, dan demikian seterusnya. Jadi, Internet merupakan jaringan yang berisi jaringan.

Jika pengguna yang ingin terkoneksi ke Internet menggunakan ISP, maka ISP harus menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk mengakses jaringan yang disebut Point of Prence (POP).
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar