About Me

Mochamad Fadli Fadillah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Blogroll

Text

RSS

Layanan Internet

Internet menghubungkan kita dengan dunia melalui komputer. Banyak kemudahan yang dapat diperoleh dari Internet melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya. Fasilitas-fasilitas yang ada di Internet adalah sebagai berikut.

1. E-mail (Surat Elektronik)

Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Terdapat beberapa perbedaan antara mengirim surat melalui e-mail dengan mengirim surat melalui Kantor Pos, di antaranya adalah:

  • Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirmkan tidak tebatas karena diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpan (bytes). Dapat mengirim ratusan bahkan ribuan sngiriman pesanurat melalui e-mail.
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat dilakukan ke banyak orang sekaligus.
  • Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
  • Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi oleh cuaca.
2. Mailing List (Milis)

Mailing list adalah group diskusi yang ada di Internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dam berpartisipasi di dalamnya.

3. Chatting

Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi pengguna Internet dapat berkomunikasi melalui tulisan. 

4. File Transfer Protocol (FTP)

Kita dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepad temanmu. 

5. Telnet

Fasilitas Telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer dalam jaringan Internet seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendiri

6. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)

Aplikasi chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, yang kemudian menjadi teleconference. Carnya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VolP blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia Internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference yang lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan Internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.




 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar