About Me

Mochamad Fadli Fadillah
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger news

Blogroll

Text

RSS

Mengnal Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin pencari (search engine) yang tersedia di Internet.

1. Mesin Pencari Google

Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh banyak orang. 

2. Mesin Pencari Altavista

Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dari basis data situs lain. 

3. Mesin Pencari Excite

Mesin pencari Excite dapat diakses . Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan video.

4. Mesin Pencari Yahoo

5. Mesin Pencari Scirus

Scirus adalah mesin pencarie dalam  khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebaryang menyaring hasil-haisil pencarian untuk akurasi maksimal. Scirus memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci, dan kemampuan untuk menyimpan, e-mail, atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX. 

6. Mesin Pencari FinQoo

FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini kedalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang dimiliki oleh FinQoo adalah "Quick View" untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama. 

7. Mesin Pencari Alltheweb

Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi di situs-situs internet. Selain itu, Alltheweb juga dilengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar video, MP3, dan file FTP
 
Dalam proses penyimpanan ke dalam database, search engine ini mampu melakukan pengideksan terhadap satu halaman penuh, berbeda dengan google yang hanya mampu mengindeks sebesar 110 Kb pertama dari halaman sebuah situs. Meskipun demikian, Alltheweb tidak mampu mencari file-file PDF dan tidak pula menyediakan fasilitas sebuah situs.

     
  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar